Senin, 01 April 2013

DELIMA

Pomegranate, begitulah orang inggris menyebutnya. Buah yang bernama latin punica granatum ini berasal dari negara Iran dan sudah berkembang biak di daerah mediterania dan sekarang buah ini banyak ditanam di daerah cina selatan dan di wilayah asia tenggara.

Tumbuhan ini bisa hidup di wilayah tropis dan subtropis dari dataran rendah sampai dibawah 100 m dpl. bisa tumbuh di tanah yang gembur dan tidak terendam air, mampu tumbuh hingga 5-8 meter sehingga tanaman ini bisa di tanam di kebun atau sebagai tanaman hias.


Masih termasuk dalam tumbuhan perdu, bercabang banyak, rantingnya lemah bersegi dan memiliki duri di ketiak daunya. Memiliki daun tunggal dan bergerombol pada ujung ujung tangkai, memiliki panjang daun 10cm, daunya berwarna hijau tua.

Bunga delima tumbuh di ketiak ketiak daun dan berada di daun yang paling ujung, dari setiap jenis delima yang ada antara lain delima putih, delima merah dan delima hitam/ ungu memiliki warna kelopak bunga yang berbeda beda dan berbunga sepanjang tahun.

Buah delima memiliki kasiat atioksidan yang sangat tinggi bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit juga, diantaranya: menjaga kesehatan jantung, kanker kulit, kanker prostat, penurun kolesterol, penurun hipertensi, mengobati diare, demam pada anak, keputihan, keringat berlebih, radang tenggorokan, diare, cacingan, cacar dan diabetes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar