Minggu, 17 Maret 2013

MURBEI

Kalau kita menyebut nama tanaman ini pasti pikiran kita langsung tertuju dengan makanan ulat sutra. Tentu tudak ulat sutra saja yang memakanya, kita bangsa manusia juga memakanya selain buahnya segar daun mudanya juga dpat di olah menjadi sayur yang bisa dimasak.


Tanaman ini berasal dari dataran Cina, bisa hidup di lereng pegunungan lebih dari 100m dpl yang memiliki intensitas cahaya yang banyak, Murbei bernama latin Morus Alba L atau di jawa disebut dengan besaran tingginya bisa mencapai 5 sampai 9 meter, buahnya yang muda berwarna hijau yang tua berwarna merah dan berasa masam dan bila sudah masak berwarna hitam berasa manis.

Walaupun ukuranya mungil ternyata murbei memiliki banyak khasiat, diantaranya daunya bisa digunakan untuk menurunkan hipertensi, jantung lemah, penambah asi bagi ibu yang menyusui, membersihkan darah kotor, untuk menguatkan rambut, memeprtajam penglihatan dan juga menguatkan ginjal.
Sedangkan buahnya bisa digunakan sebagai obat batuk, pelancar BAB, mengobati rematik, susah tidur pendengaran kurang baik, sakit tenggorokan, asma, nyeri kencing dan kurang darah.
sedangkan ranting murbei bisa digunakan untuk mengobati rematik, sakit pinggang, gula darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar