Minggu, 17 Maret 2013

POKAK

Ada yang suka lalap dengan sayur (buah) yang satu ini? Nah, sayur yang masih tergolong dari keluarga terung terungan ini memang sedap untuk dikonsumsi, bisa dibuat lalap maupun dimasak terlebih dahulu.
Beberapa ada yang menyebutnya Terung pipit karena ukuranya yang kecil, buahnya yang berwarna hijau tua tak kurang sebesar biji kelereng. tumbuhan ini tergolong tumbuhan perdu dengan tinggi mencapai 2 meter mempunyai duri di batangnya dan berdaun tunggal.


Dalam farmalagi cina tumbuhan ini memiliki sifat pedas, sejuk dan agak beracun.Tumbuhan ini ternyata juga mempunyai berbagai khasiat, diantaranya dapat melancarkan darah, mengobati sakit lambung, mengobati sakit gigi, katarak, wasir, tidak datang haid, panas dalam, influenza, pembengkakan payudara, asam urat, jantung, osteoporosis, menetralkan racun tubuh, mengurangi rasa sakit dan bisa menyembuhkan batuk. buah pokak juga memiliki sifat penangkal radikal bebas seperti yang terdapat pada buah buah yang lain sehingga dapat melindungi jaringan tubuh.

Buah maupun daun pokak juga bisa digunakan sebagai alat kontrasepsi bagi kaum pria karena mengandung alkaloid steroid. apabila dikonsumsi buah atau daunya secara kontinue selama kurang lebih 45 hari maka itu akan membuat sperma kaum pria tidak subur, tapi jangan khawatir mengkonsumsinya karena setelah kita tidak mengkonsumsinya maka sperma kaum pria bisa kembali normal seperti sebelumnya.

Masih banyak juga yang khasiat sayur pokak ini, sayur ini juga berfungsi mengobati sakit persendian bagi orang yang sudah lanjut usia diatas 55 tahun. Buah pokak yang masih muda bisa mengobati penyakit lanjut usia yang disebabkan oleh lingkungan semisal pusing, mudah pegal, batuk, susah tidur. Buahnya bisa dikonsumsi baik langsung dilalap atau di masak terlebih dahulu.

[diambil dari berabgai sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar