Kamis, 21 Maret 2013

PUTRI MALU

Banyak yang tidak tahu kalau tumbuhan semak berduri ini juga bisa digunakan untuk pengobatan. tanaman yang bernama Mimosa Pudica Linn ini mudah dijumpai karena bisa tumbuh dimana saja.



Daun putri malu memiliki khasiat yg banyak, karena memiliki sifat farmakologis manis, astringen, agak dingin maka tumbuhan putri malu bisa digunakan mengobati luka baru ataupun herpes yaitu dengan cara meremas daun muda lalu ditempelkan pada kulit yg sakit. Apalagi tanaman ini juga memiliki sifat penenang, peluruh dahak, peluruh air seni dan penurun panas tubuh.
Selain itu rebusan daun putri malu mampu menyembuhkan dahak, kencing batu, bronchitis, malaria, demam tinggi pada anak anak.
Akar putri malu juga bisa digunakan untuk mengobati rheumatik, yaitu dengan cara akar ditumbuk lalu di bubuhkan pada bagian yang sakit.
akan tetapi semua pemakaian tidak dianjurkan berlebihan karena akar putri malu juga memiliki kandungan racun yg agak tinggi, terutama buat ibu hamil dilarang menggunakanya karena sedikit banyak akan berpengaruh pada janin.

2 komentar:

  1. udah susah cari putri malu ni mas.. ckckc

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.... di pedesaan masi banyak ko nis. coba jalan jalan di pinggir toba, pasti masi banyak. :D

      Hapus